Jalur Seleksi Alih Jenjang merupakan Jalur seleksi untuk calon mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta yang berasal dari lulusan jenjang Diploma Tiga (D-3) yang akan meneruskan ke jenjang Strata Satu (S-1) untuk Prodi Keperawatan (S-1), Prodi Kebidanan (S-1), dan lulusan jenjang Diploma Satu (D-1) yang akan meneruskan ke jenjang D-3 di Prodi Teknologi Bank Darah (D-3).

BIAYA PENDAFTARAN

Lulusan Internal Unjaya GRATIS
Lulusan Eksternal Unjaya Rp 200.000,-

KETENTUAN PENDAFTARAN

  • Warga Negara Republik Indonesia;
  • Pendaftar Alih Jenjang merupakan lulusan dari Prodi sejenis/serumpun dengan yang di daftar;
  • Calon mahasiswa WNA harus mendapat izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
  • Berkas Pendaftaran:
    1. Scan PDF kartu identitas (KTP atau SIM);
    2. Scan PDF Ijasah Prodi D-1 atau D-3 sebelumnya yang di legalisir;
    3. Scan PDF transkrip nilai Prodi D-1 atau D-3 sebelumnya yang di legalisir;
    4. Scan PDF Printout profil mahasiswa dari laman PDDikti di https://pddikti.kemdikbud.go.id/
    5. Scan PDF Surat keterangan sehat dari dokter RS/Puskesmas/Klinik.
    6. Scan PDF Surat keterangan tidak buta warna dari dokter RS/Puskesmas/Klinik.
    7. Scan PDF Surat keterangan bebas HBsAg (Hepatitis B) dari dokter RS/Puskesmas/PMI/ Lab. Diagnostik.

JADWAL PENDAFTARAN

Agenda  Penerimaan untuk Semester Genap TA 2021/2022 Penerimaan untuk Semester Ganjil TA 2022/2023
Pendaftaran dan Unggah Berkas 01 Desember 2021 – 5 Januari 2022* 6 Februari – 31 Agustus 2022*
Ujian CBT (untuk Prodi yang Mensyaratkan Ujian) Online Setiap Hari setelah berkas pendaftaran dinyatakan Valid Online Setiap Hari setelah berkas pendaftaran dinyatakan Valid
Pengumuman Kelulusan (diawali dengan pengumuman hasil Anvulen) Maksimal 5 Hari setelah Ujian CBT melalui Sicama Maksimal 5 Hari setelah Ujian CBT melalui Sicama
Batas Registrasi Sesuai pengumuman di Sicama Sesuai pengumuman di Sicama
Batas Pemberkasan Dokumen 20 Januari 2022 1 September 2022
Mulai Perkuliahan 31 Januari 2022 2 September 2022 diawali dengan Pra PKKMB

* Dibuka jika kuota masih tersedia

PROSEDUR PENDAFTARAN
  1. Pendaftar membuat akun pada Sistem Informasi Calon Mahasiswa (Sicama) di https://sicama.unjaya.ac.id. Username dan password akan dikirimkan untuk diaktifkan melalui email yang dimasukan saat pembuatan akun Sicama. Proses ini dapat dilakukan di mana saja (tidak harus datang ke Kampus).
  2. Setelah akun aktif, pendaftar melakukan login ke aplikasi Sicama dan mengisi formulir pendaftaran, serta memilih Jalur Seleksi Alih Jenjang, kemudian pilih Prodi yang didaftar, kemudian klik tombol SIMPAN.
  3. Pendaftar melakukan pembayaran biaya pendaftaran seleksi Alih Jenjang melalui BNI Virtual Account (VA). Pendaftar kemudian akan mendapatkan konfirmasi pembayaran pendaftaran di Sicama.
  4. Pendaftar menggungah scan berkas dokumen pendaftaran ke Sicama, dengan ketentuan berkas:
    • Scan PDF kartu identitas (KTP atau SIM);
    • Scan PDF Ijasah Prodi D-1 atau D-3 sebelumnya yang di legalisir;
    • Scan PDF transkrip nilai Prodi D-1 atau D-3 sebelumnya yang di legalisir;
    • Scan PDF Printout profil mahasiswa dari laman PDDikti di https://pddikti.kemdikbud.go.id/
    • Scan PDF Surat keterangan sehat dari dokter RS/Puskesmas/Klinik.
    • Scan PDF Surat keterangan tidak buta warna dari dokter RS/Puskesmas/Klinik.
    • Scan PDF Surat keterangan bebas HBsAg (Hepatitis B) dari dokter RS/Puskesmas/PMI/ Lab. Diagnostik.
  5. Pendaftar mengikuti ujian Computer Based Test (CBT) untuk Prodi yang mensyaratkan Ujian secara Online, dengan tanggal pelaksanaan sesuai yang tertera di Sicama. Untuk Lulusan Internal Unjaya Bebas Ujian Seleksi.
  6. Bagi pendaftar yang lulus Ujian CBT akan mendapatkan hasil Penyetaraan/Anfulen dari Prodi melalui Sicama. Apabila pendaftar setuju dengan hasil Anfulen, silahkan unduh hasil Anfulen kemudian ditandatangani, dan di unggah kembali di Sicama, serta mencentang checklist  pernyataan Setuju.
  7. Bagi pendaftar yang dinyatakan diterima diumumkan melalui akun masing-masing Pendaftar di Sicama maksimal 5 hari kerja.
  8. Bagi pendaftar yang dinyatakan diterima diwajibkan melakukan Registrasi Keuangan dan Pemberkasan Dokumen sesuai jadwal yang telah ditetapkan di Sicama.
  9. Selesai
PENDAFTARAN BELUM DI BUKA